S1 Desain Produk – Terakreditasi B

Desain Industri adalah sebuah disiplin ilmu yang memadukan aspek art meet technology. Merancang sebuah konsep inovasi menjadi sebuah produk dengan keindahan bentuk yang sesuai dan dapat diproduksi secara massal dalam memenuhi need & want. Bentuk Desain Industri seperti transportation, furniture, jewelry, cellular phone, hingga mobil dengan desain terbaru adalah sebagian hasil karya di dunia yang berasal dari karya desainer industri.

Desain Industri Universitas Esa Unggul menciptakan individu yang akan menjadi pemimpin dalam persaingan di dunia Desain Industri. Membekali ilmu, keterampilan dan keahlian sejalan dengan kebutuhan industri sehingga menghasilkan lulusan Desain Industri yang terbaik di bidangnya.

Bidang Perminatan

  • Desain Transportasi (car, motorcycle, boat and train design)

  • Desain Industri (furniture, toy, footwear, home appliance and jewellery design)

Kompetisi Lulusan

Program Studi ini mengembangkan ilmu pengetahuan yang menghasilkan konsep dan karya inovatif dalam bidang desain dan menyiapkan lulusannya untuk memasuki lapangan pekerjaan yang berbasis industri sebagai tenaga desain profesional di bidang otomotif (transportasi), perhiasan, furnitur, sepatu atau sandal, interior, mainan anak, robot, perfilman, konsultan desain, konseptor serta sebagai penyuluh. Alumninya sudah tersebar di berbagai perusahaan dan terserap 100{d2bc6921015ea13a547aec4820058eb3f696d05c495c1670c48829abd5d717b0} di dunia industri.

Lulusan Program Studi Desain Produk Universitas Esa Unggul dibekali dengan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan untuk merancang produk yang menitik beratkan pembahasan pada segi-segi visual asosiasi persepsual, dan estetika , merancang produk berdasarkan pada prinsip sains dan rekayasa , merancang produk dengan memperhatikan kendala teknis dan produksi tanpa mengabaikan segi estetis dan sasaran inovatifnya , merancang consumer products dengan pendekatan pasar bersaing , merancang isu-isu lingkungan dan sosial , membuat bahan presentasi media 3D dan animasi , membuat karya fotografi ke dalam digital imaging , berwirausaha dalam bidang jasa konsultasi desain.

Desain Produk

Desain Produk

[/fusion_toggle]

Visi

Menjadi Program Studi S1 Desain Produk yang unggul di Indonesia dengan spesialisasi/peminatan Desain Transportasi dan Kriya Modern dan memiliki wawasan ilmu yang bersifat Internasional

Misi

  1. Menyelenggarakan proses belajar mengajar secara profesional dengan memanfaatkan Teknologi Informasi.

  2. Melaksanakan penelitian dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang desain industri.

  3. Turut serta membantu Pemerintah dan masyarakat dalam memecahkan permasalahan khususnya dibidang desain industri.

  4. Mengembangkan Industri Desain Produk kepada masyarakat melalui kerjasama dengan berbagai institusi pendidikan, pemerintah dan industri baik dalam maupun luar negeri.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki moral dan etika yang tinggi serta berdaya saing.

  2. Menghasilkan lulusan yang mampu dan ahli dalam mendesain industri transportasi, meubel, maritim, kriya modern, elektronik dan fashion secara baik dan benar.

  3. Menghasilkan lulusan yang dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

  4. Menghasilkan lulusan yang dapat berorientasi pada jiwa kewirausahaan dan etika bisnis desain industri dari berbagai pilihan peminatan/spesialisasi masing-masing.

Proses Pembelajaran

  1. Masa Orientasi Mahasiswa baru diawali dengan pembekalan softskill (training: ESQ, leadership, entrepreneur, communication, dan self confidence)

  2. Progam Bahasa Inggris secara komperehensif (TOEFL & TOEIC)

  3. Kemajuan belajar mahasiswa dievaluasi berdasarkan sistem evaluasi kemajuan belajar yang meliputi ujian tengah semester, ujian akhir, kuis, dan penyelesaian tugas rumah dan praktikum

  4. Pembelajaran berbasis Hybrid Learning (intranet dan internet sebagai alat komunikasi antar dosen dan mahasiswa dalam aplikasi materi ajar, pemberian tugas, dan referensi

  5. Praktikum di Laboratorium dengan fasilitas terbaik

  6. Bimbingan Akademik

  7. Mengadakan Kuliah Umum dan Dosen Tamu dari pakar dan praktisi profesional

  8. Mengadakan Seminar, Lokakarya, Pelatihan dan Diskusi interaktif

  9. Ekstrakulikuler melalui Unit Kegiatan Mahasiswa

  10. Praktek Kerja Lapangan di perusahaan nasional dan multinasional.

Profesi dan Karier Lulusan

Sarjana Desain Komunikasi Visual dapat bekerja dan berkarir sebagai :

  1. Art director (membuat keputusan elemen visual, gaya artistik dan gerak yang digunakan);

  2. Creative director (bertanggung jawab terhadap desain, visi dan arah pengembangan produk);  graphic designer (profesional dalam industri desain grafis dan seni grafis, yang menggabungkan bersama semua gambar, tipografi dan grafis gerak dalam rangka menciptakan sebuah desain)

  3. Multimedia designer (membuat kombinasi berbagai bentuk konten teks, audio, gambar diam, animasi, video dan interaktivitasnya)  commercial artist (dengan kemampuan untuk mengelola informasi dan pengetahuan terhadap seni murni, visualisasi dan media)

  4. Advertising agency, Graphic house / studio, Brand consultancy, Web or multimedia design, Production house, Television / broadcasting, Photography and video production, Publisher, Education institution, Animator, 3D artist, VFX artist, Game design.

  5. Menjadi entreprenuer dengan mendirikan Visual Communication Design Consultant, Designer Film dan TV, Printing, Exhibition, Multimedia dan Illustrator.

Esa Unggul Career Center

  1. Sebagai lembaga yang membantu membentuk lulusan yang trampil, mahir dan berkepribadian untuk menghadapi tantangan dunia kerja melalui program pelatihan dan pengembangan

  2. Menyediakan informasi peluang kerja bagi mahasiswa dan lulusan UEU di jaringan komunikasi konvensial dan elektronik ( www.esaunggul.ac.id)

  3. Mengelola jaringan komunikasi (networking) antara alumni

  4. Mengembangkan kerjasama dengan lembaga profesi, bisnis, pelayanan kesehatan, industri jasa dan manufaktur dalam rangka penyaluran SDM lulusan UEU

 Kerjasama Fakultas

Memiliki jaringan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat (Tridarma Perguruan Tinggi), serta praktek kerja dan magang mahasiswa, dengan beberapa perguruan tinggi / industri, baik di dalam dan di luar negeri, antara lain:

  • George Mason University

  • Gakken Co. Ltd

  • Pusat Desain Nasional

  • PT. Joey Sasmita Lencana

  • PT. Multi Alas Sukses

  • PT. Pratama Abadi Industri

  • PT. Arga Bangun Bangsa

  • Art Graphic

  • Ben WILSON

  • PT. LGEIN

  • PT Desain Teknik ADPI Jakarta

Fasilitas

Untuk menunjang proses pembelajaran dan menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi, telah tersedia beberapa fasilitas laboratorium komputer yang dirancang dan didesain berbasis jaringan internet, sehingga memudahkan para mahasiswa mengakses informasi mutakhir tentang teknologi komputer dan informasi melalui media internet, seperti:

  • Studio Gambar
  • Laboratorium I Mac
  • Laboratorium Desain Industri
  • Laboratorium Fotografi
  • Studio Workshop
  • Laboratorium Komputer

Ruang Laboratorium dan Studio Komputer 3D Ruang Laboratorium dan Studio Fotografi Ruang Wacom Peralatan Bengkel/Workshop Perpustakaan Program Studi Desain Industri Buku Teks

  1. Autodesk Maya and Autodesk 3eds Max Side- By- Side, Les Parden, Thomson, 2007.
  2. Color Basic: Panduan Dasar Warna untuk Desainer dan Industri Grafika, Anne Dameira, PT. Subur, 2007.
  3. Complete Digital Photography, 3ed, Ben Long, Charles River Media, 2005.
  4. Contemporary Color Theory & Use, Steven Bleicher, Thomson, 2005.
  5. Designing Brand Experiences, Robin Landa, Thomson, 2006.
  6. Digital Video, 2ed, Lisa Rysinger, Thomson, 2006.
  7. Exploring Art A Global, Thematic Approch, Margaret Lazzari, Thomson, 2008.
  8. Exploring Drawing for Animation, Kevin Hedgpeth, Thomson, 2004.
  9. Exploring Storyboarding, Wendy Tumminello, Thomson, 2005.
  10. Fondations of Art and Design, Lois Fichner, Thomson, 2008.
  11. Graphic Design as Second Language, Bob Gill , Images, 2003.
  12. Graphic Design” Curtis Tappenden, Cassell, 2004.
  13. Identity Desaign that Works, Cherly Cullen, Rockport, 2003.
  14. Meggs’ History of Graphic Design, 4ed, Philip B. Meggs, Wiley, 2006.
  15. Sistems Analysis and Design in a Changing World, ed.4, John W. Satzinger, Thomson, 2007.
  16. The Art of Stop-Motion Animation, Ken A. Priebe, Thomson, 2007.
  17. The Digital Designer’s Bible, Alistair Dabbs, Ilex, 2004.
  18. Understanding Color Management, Abhay Sharma, Thomson, 2004.
  19. Visual Computing: Geometry, Graphics, and Vision, Frank Nielsen, Charles River Media, 2005.
  20. Warna: Teori dan Kreativitas Penggunaannya, edisi ke 2, Sulasmi Darmaprawira W.A., ITB, 2002.

Jurnal Ilmiah Nasional

  1. 2d3d, Pelita Harapan, 2007.
  2. Berkomunikasi Lewat Tanda, 2008.
  3. Nirmana, Universitas Kristen Petra, 2008.
  4. Sosioteknologi, ITB, 2007
  5. Sutisning, UKIP, 2007.
  6. Wastucitra, STDI, 2008.

Jurnal Ilmiah Internasional

  1. Automation, 2007
  2. Foundations & Trends in Electronic Design, 2005.
  3. Printed Circuit Design and Manufacture, 2007.

E-Paper

  1. Dekonstruksi dalam Desain Komunikasi Visual: Sebuah Penjelajahan Kemungkinan, Fredy H. Istanto, Universitas Kristen Petra, 2000.
  2. Elemen-elemen dalam Desain Komunikasi Visual, Christine Suharto Cenadi, Universitas Kristen Petra, 2001.
  3. Edukasindustri DKV, Melampui atau Mengekor, Ifa Safira, FDGI, 2008.
  4. Drawing Analogies – Supporting Creative Architectural Design with Visual, Gross, M. and E.Do, 1995.
  5. Trilogi Iklan Pasta Gigi Pepsodent, Sebuah Citraan Konflik Sebagai Pembangkit Brand Aware Pada Iklan TV, Andrian D. Hagijanto, Universitas Kristen Petra, 2000.
  6. Tipografi Dalam Desain Komunikasi Visual, Priscilia Yunita Wijaya, Universitas Kristen Petra, 1999.
  7. Perempuan dan Iklan: Sebuah Catatan Tentang Patologi Ideologi di Era Kapital, Kasiyan, Universitas Negeri Yogyakarta, 2001.
  8. Pengaruh Desain Pesan Video Instruksional Terhadap Peningkatan Pengetahuan Petani Tentang Pupuk Agrodyke, Aida Vitalaya S. Hubeis, FEMA IPB, 2007.

Skripsi

  1. Desain Buku Permainan Tradisional Anak Betawi, Setyawati, UIEU, 2008.
  2. Kampanye Sosial Peduli Perokok Pasif Usia Muda di DKI Jakarta, Eva putri Utami, UIEU, 2008.
  3. Pameran Kebudayaan Pernikahan Adat Betawi, Tetti Febrianti, UIEU, 2008.
  4. Perancangan Audio Visual Iklan Non Komersial Untuk Kampanye Power Switch Pada Yayasan WWF Indonesia, Mochamad Rico, UIEU, 2008.
  5. Perancangan Audio Visual Kampanye Gaya Hidup Ramah Lingkungan pada Yayasan WWF Indonesia, Rifki Rishandy, UIEU, 2008.
  6. Perancangan Audio Visual Kampanye Hari Bebas Kendaraan Bermotor Dalam Bentuk Iklan Layanan Masyarakat di BPLHD, Efendy, UIEU, 2008.
  7. Perancangan Audio Visual Untuk Kampanye Menghindari Pelumas Palsu Pada Produk Top One, Michael Jackson, UIEU, 2008.
  8. Perancangan Komunikasi Audio Visual Kampanye HIV/AIDS, Kemal Rendy Purwoko, UIEU, 2008.
  9. Strategi Kreatif Desain Iklan TV Komersil ENDURO 4T di Avicom Advertising, Dedy Arpan, UIEU, 2008.
  10. Xe Erl Shu Pameran Perayaan Tahun Baru Imlek, Natalia, UIEU, 2008.

Tesis / Disertasi

  1. Action Theory and Cognitive Psychology in Industrial Design: User Models and User Interfaces, Leshan Li, 1999.
  2. Desain Interior dan Terbentuknya Citra Dalam Konteks Ruang, Taufan Hidjaz, 2003. Design Policy and Its Structure in Korea, Jinwoo.
  3. Design: Human Electric Trike Thesis, Bob Dold, 2007.
  4. Designers’ Perceptions of Interdisiplinary Design Education, Timothy D. Dolan, 2003.
  5. Interaction Designer, Jon Kolko, 1984.
  6. Interface Sebagai Solusi Terbaik, Jusuf, 2005.
  7. Research Design: Thesis and Design Study Preparation, Steven Moore, 2006.
  8. Saka Pada Bangunan Pendopo di Jawa dari Keraton – Vernakuler, Agus Dody Pur, 2004.
  9. VADS Fine Art Collection Case Study, Vads, 2002.

Kurikulum Program Studi Desain Produk
Download
Distribusi Mata Kuliah Program Studi Desain Produk

Dosen Pengajar

  1. Ahmad Fuad, S.Sn
  2. Geggy Gamal Surya, S. Des, M. Des
  3. Arnaldi Albas, ST
  4. Ben Haryo Himawanto, S.Psi, M.Psi.
  5. Budiman Salam, PhD
  6. Christophera R Lucius, Dipl.-Des
  7. Damayanti Budiratri, S.Sn, M.Hum
  8. Dino Fabriant, S.Sn
  9. Dipl.-Des. Edy Joesoef Oekasah
  10. Drs. Teguh Imanto
  11. Endang Sumartinaah, Dra, MA
  12. GM. V. Eka Rini W. S.Sn
  13. Hiras P Saragih, Ir, MBf
  14. Indra Gunara Rochyat, S.Sn, MA.
  15. Indra Kuspratama, S.Sn, MTD.
  16. Ir. Elsa Riza Jaya, MM.
  17. Ir. M. Derajat Amperajaya
  18. Ir. Reza Sasanto, M.plan., M.Des
  19. Ir. Roesfiansjah Rasjidin, MT
  20. Ir. Susanto Soekardi, M.Phil
  21. Nuryadi, S.Sos
  22. Oskar Judianto, S.Sn, MM.
  23. Paulus Bambang wirawan, Dipl.-Inform
  24. Pramita Aninditya Kusuma, M.InDes
  25. Shane Paul Sumampouw, S.Sn
  26. Teddy M.Darajat S.Des, M.Des
  27. Teguh P. Soetikno, M.Sc
  28. Triharsa Adi Cahya
  29. Zaidir Burhan, Dipl-Des.

 

INGIN BERTANYA?