S1 Periklanan – Terakreditasi A

Pendidikan periklanan membekali pengetahuan tentang strategi kreatif periklanan, ilustrasi, sketsa dan topografi periklanan, disain komunikasi visual periklanan, komputer disain grafis dan animasi periklanan, teknik kamera elektronik, recording dan editing, fotografi periklanan, produksi iklan cetak dan elektronik, copywriting, visualisasi dan story board, dan selanjutnya diolah menjadi alat promosi berupa iklan media cetak, televisi, radio, brosur, poster, flyer, billboard, dan lain – lain.

Bidang Peminatan

  •  Creative Management
  • Account & Media Management

Kompetensi Lulusan

Lulusan Program Studi Periklanan Universitas Esa Unggul dibekali dengan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan untuk menerapkan strategi kreatif periklanan dan strategi pemasaran;  merancang ilustrasi, sketsa dan topografi periklanan;  menggunakan komputer dalam membuat desain komunikasi visual, desain grafis dan animasi periklanan;  menggunakan dan memahami teknik kamera elektronik, melakukan recording dan editing, membuat fotografi periklanan, memproduksi iklan cetak dan elektronik, membuat copywriting, visualisasi dan story board, dan selanjutnya mengolahnya menjadi alat promosi berupa iklan media cetak, televisi, radio, brosur, poster, flyer, billboard, dan lain-lain.

VISI-MISI & TUJAUAN

Visi

Pada tahun 2018, mampu menjadi Program Studi yang unggul di bidang ilmu komunikasi, mampu membangun jiwa kemandirian, berbasis teknologi informasi, serta diperhitungkan di lingkungan Asia Tenggara.

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan ilmu komunikasi yang berbasis teknologi informasi dan mampu membangun jiwa kemandirian.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian di bidang komunikasi melalui kerjasama dengan pemerintah, media, dan institusi lainnya.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat di bidang komunikasi melalui kerjasama dengan pemerintah, media, dan institusi lainnya.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang menguasai teori dan konsep-konsep dibidang ilmu komunikasi.
  2. Menghasilkan lulusan yang mempunyai keterampilan memanfaatkan teknologi informasi.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu bersaing secara global di bidang komunikasi.
 Kompentensi Lulusan

Memiliki kualifikasi sebagai praktisi profesional di bidang periklanan yang berwawasan pragmatis, berjiwa wirausaha, bersikap inovatif, kreatif, produktif dan memiliki kemampuan analitis. Memiliki kemampuan komunikasi pemasaran, dan mampu membuat strategi periklanan yang efektif di media publikasi Memiliki kreativitas dan kemampuan membuat desain periklanan local, national, international, institutional, brand, classified, sales, consumer advertising yang informatif, persuasif dan efektif

Proses Pembelajaran:

  1. Masa Orientasi Mahasiswa baru diawali dengan pembekalan softskill (training: ESQ, leadership, entrepreneur, communication, dan self confidence)
  2. Progam Bahasa Inggris secara komperehensif (TOEFL & TOEIC)
  3. Kemajuan belajar mahasiswa dievaluasi berdasarkan sistem evaluasi kemajuan belajar yang meliputi ujian tengah semester, ujian akhir, kuis, dan penyelesaian tugas rumah dan praktikum
  4. Pembelajaran berbasis Hybrid Learning (intranet dan internet sebagai alat komunikasi antar dosen dan mahasiswa dalam aplikasi materi ajar, pemberian tugas, dan referensi
  5. Praktikum di Laboratorium dengan fasilitas terbaik
  6. Bimbingan Akademik
  7. Mengadakan Kuliah Umum dan Dosen Tamu dari pakar dan praktisi profesional
  8. Mengadakan Seminar, Lokakarya, Pelatihan dan Diskusi interaktif
  9. Ekstrakulikuler melalui Unit Kegiatan Mahasiswa
  10. Praktek Kerja Lapangan di perusahaan nasional dan multinasional.

Profesi dan Karir Lulusan

Sarjana Periklanan dapat bekerja dan berkarir sebagai di biro periklanan sebagai art director, copywriter, account executive, media planner & buyer, illustrator, marketing communication, lay outer, market researcher, account planner, creative director;  dan bekerja di production house sebagai desainer grafis, dan animator.

Kerjasama

Memiliki jaringan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat (Tridarma Perguruan Tinggi), serta praktek kerja dan magang mahasiswa, dengan beberapa perguruan tinggi / industri, baik di dalam dan di luar negeri, antara lain:

    • Universiti Kebangsaan Malaysia (Malaysia) dan
    • George Mason University (USA).
    • BakoHUMAS
    • Depkominfo
    • Media On Line P21.com
    • Perhumas
    • PERTAMINA
    • PT. Arga Bangun Bangsa
    • PT. Bank Bukopin, Tbk
    • PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk
    • PT. Bintang Advis Multimedia (Cek Ricek)
    • PT. First Media, Tbk
    • PT. Intellisys Tri Pratama
    • PT. Jobecs Indonesia
    • PT. MNC Sky Vision
    • PT. Rimbun Job Agency
    • Anteve
    • Global TV
    • Indosiar
    • Metro TV
    • O Channel
    • RCTI
    • SCTV
    • TPI
    • Trans 7
    • Trans TV
    • TV One
    • TVE
    • TVRI
    • RRI
    • Bens Radio
    • Elshinta FM
    • Tri Jaya FM
    • detik.com
    • Indopos
    • Kompas
    • kompas.com
    • Media Indonesia
    • Poskota
    • Republika
    • Mustika Ratu
    • Adnyana Advertising
    • BBDO advertising
    • Dwi Sapta Advertising
    • PR P&G
    • PR Unilever

Fasilitas

Untuk menunjang proses pembelajaran dan menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi, telah tersedia beberapa fasilitas studio dan laboratorium seperti:

  • Studio Produksi Program Acara TV
  • Master Control Room
  • Studio Media dan Iklan
  • Studio Foto Digital
  • Laboratorium Fotografi – Kamar Gelap
  • Laboratorium Komputer iMac
  • Laboratorium Komputer
  • Laboratorium komputer Multimedia
  • Studio Televisi
  • Laboratorium Edit Televisi
  • Studio Radio
  • Studio Fotografi

Kurikulum Program Studi Periklanan

Download KLIK DISINI

Dosen Pengajar

  1. Prof.Dr. Erman Anom, MM
  2. Prof.Dr. Kanti W. Walujo, M.Sc
  3. Dr. Asep Saefudin, M.Si
  4. Dr. Halomoan Harahap, Msi
  5. Dr.Hidayat Muchtar
  6. Dra. Shelly Adelina Alwie, M.Si
  7. Drs. Aliaras Wahid, MM
  8. Drs. Arifin Saleh Harahap, M.Si
  9. Drs. Dani Vardiansyah Noor, M.Si
  10. Drs. Hasyim Purnama, M.Si
  11. Drs. Herry Kuswita, M.Si
  12. Drs. M. Jamiludin Ritonga, MS
  13. Drs. Syarial Syarbaini, MA
  14. Drs. Zainal Abidin, MM
  15. Agus Firmansyah, S.Sos
  16. Euis Heryati, S.Sos
  17. Fathurin Zein SH, M.Si
  18. Ir. Ario Pamungkas, M.Si
  19. Ir. Z. Hidayat MM, M.Si
  20. R. Hiru Muhammad, S.Sos
  21. R. Widodo Patrianto, S.Sos
  22. Sarah Santi, MSi
  23. Soleman Yusuf, S.Sos., MM
  24. Sumartono, S.Sos., M.Si
  25. Euis Nurul B,SE, M.Si
  26. Resman Muharul, M.Si
  27. Ikbal Rachmat., MT
  28. Ade Suryani.,M.Soc.Sc
  29. Syarifa Nurlinda., MBA
  30. Oktaviana Purnamasari.,M.Si