Rekam Medis Informasi Kesehatan


RMIK

Rekam Medis Informasi Kesehatan adalah ilmu yang akan mempelajari tentang hal-hal yang meliputi pencatatan, pelaporan, pengumpulan, pendaftaran, pengisian, dan analisis data terkait kebutuhan informasi untuk mendiagnosa pasien agar mendapatkan penanganan dan perawatan yang tepat. Salah satu kegiatan penting yang dipelajari di jurusan ini adalah coding (pengkodean), dimana perekam medis mengkodekan diagnosis penyakit ataupun tindakan pasien ke dalam kode internasional (International Classification of Diseases).
Intinya disini kamu akan dididik untuk menjadi seorang Profesional Teknisi Rekam Medis, kalau kamu yang senang mengarsip dan menganalisa berdasarkan data sekaligus memiliki minat yang tinggi dalam bidang kesehatan, jurusan ini cocok banget untukmu.

Bedanya dengan MIK apa..??
Jelas berbeda, di RMIK kamu akan menempuh Diploma 3 (D3) dan menjadi Profesional Tekhnisi Rekam Medis.
Sedangkan di Manajemen Informasi Kesehatan (MIK) kamu akan menempuh Diploma 4 atau biasa disebut S1 Terapan dan menjadi seorang Profesional Administrator Rekam Medis.

Mata Kuliah Jurusan RMIK
Pengantar Rekam Medis, Biomedik, Ilmu Penyakit, Laboratorium Klinik Rekam Medis, Praktikum Operator Sistem Informasi Rekam Medis, Quality Assurance hingga Tata Arsip Dinamis.

Prospek Kerja
Perekam medis kini banyak dibutuhkan di berbagai instansi kesehatan semenjak adanya jaminan kesehatan dengan persyaratan klaim ditentukan dari kode diagnosis dan tindakan dalam pelayanan yang diberikan kepada pasien. Instansi-instansi tersebut meliputi rumah sakit baik negeri ataupun swasta, puskesmas, klinik, laboratorium, atau menjadi tenaga akademisi seperti dosen.

Gaji Ahli Madya RMIK
Rp 4.000.000 – Rp 6.500.000

PROGRAM KELAS KARYAWAN Dan PASCASARJANA UNIVERSITAS ESA UNGGUL
kp.esaunggul.ac.id
Info Pendaftaran : 082311269864
Sumber Berita: www.esaunggul.ac.id

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*