S1 Farmasi

S1  Farmasi 
Eksistensi profesi farmasi di masyarakat dapat diwujudkan melalui interprofessional collaboration dengan profesi kesehatan lain dalam pengatasan masalah kesehatan sehingga menjamin ketepatan dan efektivitas penggunaan obat sebagai sarana terapi sesuai dengan tujuan terapinya. Prodi Farmasi Universitas Esa Unggul sudah menjalankan interprofessional collaboration sejak mahasiswa ada di bangku kuliah melalui integrasi mata kuliah bersama dengan program studi kesehatan lainnya yang ada di lingkungan fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, seperti Program Studi Gizi, Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Rekam Medis, Manajemen Informasi Kesehatan dan Bioteknologi. Sehingga saat memasuki dunia kerja lulusan Prodi Farmasi Universitas Esa Unggul siap berkolaborasi dengan profesi kesehatan lainnya. Program Studi Farmasi Universitas Esa Unggul memiliki keunggulan pada bidang nutraseutikal, yang mengaplikasikan ilmu Farmasi untuk pengembangan obat, food supplement dan pangan dari sumber alam di Indonesia baik untuk pencegahan penyakit maupun untuk pengobatan. Keunggulan Program Studi Farmasi Universitas Esa Unggul pada bidang Nutraseutikal akan didukung oleh Program Studi lain di lingkungan Universitas Esa Unggul antara lain Bioteknologi, Ilmu Gizi, Teknologi Industri, Teknologi Informatika serta Desain Produk, sehingga akan terjalin kolaborasi menarik untuk menghasilkan berbagai produk hasil penelitian yang bermanfaat bagi keilmuan serta masyarakat Indonesia. Program Studi Farmasi Universitas Esa Unggul didukung pula oleh dosen tetap dan dosen dari Fakultas Farmasi Universitas Indonesia yang berpengalaman di bidangnya dengan pendidikan S2 dan S3. Dengan adanya pengampuan dari Program Studi Farmasi Universitas Indonesia maka kualitas pendidikan, pengajaran maupun kualitas lulusan ada di bawah pengawasan Program Studi Farmasi Universitas Indonesia.

Visi Dan Misi

Visi

Menjadi penyelenggara program pendidikan sarjana farmasi yang berbasis intelektualitas, kreatifitas dan kewirausahaan dan unggul dalam keilmuan dan teknologi tentang obat sesuai dengan tuntutan kompetensi di tingkat global.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan farmasi yang bermutu, inovatif, dan relevan sehingga mampu menghasilkan Sarjana Farmasi yang mempunyai kemampuan di bidang ilmu dan teknologi farmasi, farmasi komunitas dan klinis serta bahan alam berbasis kompetensi sesuai dengan tuntutan zaman dan kemajuan iptek yang berjiwa kepemimpinan, penelitian dan kewirausahaan serta berorientasi tehadap pelayan kepada masyarakat Mengembangkan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berkaitan dengan ilmu kefarmasian.
  2. Mengembangkan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berkaitan dengan ilmu kefarmasian.

 

Tujuan

Secara umum, tujuan yang ingin dicapai adalah:

  1. Menghasilkan sarjana farmasi yang memiliki pengetahuan dan kemampuan ilmiah di bidang ilmu dan teknologi farmasi, farmasi komunitas dan klinis yang meliputi : Biologi farmasi, Farmasetika, Farmakologi, Kimia farmasi, Farmasi klinik, social dan administrasi yang berjiwa kepemimpinan, dan kewirausahaan serta berorientasi tehadap pelayan kepada masyarakat.
  2. Menghasilkan lulusan yang berkontribusi terhadap pengembangan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Secara khusus tujuan yang ingin dicapai adalah

 

  1. Menyiapkan Sarjana Farmasi yang mempunyai kemampuan dalam penerapan dan pengembangan ilmu dan teknologi farmasi, farmasi klinis serta bahan alam sesuai dengan tuntutan zaman dan kemajuan iptek.
  2. Menghasilkan temuan-temuan dalam bidang kefarmasian (fitofarmaka, kosmetik dan bahan pangan) terutama yang berbasis kekayaan alam Indonesia yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara melalui berbagai kegiatan penelitian.
  3. Menghasilkan Sarjana Farmasi yang memiliki kemampuan dan ketrampilan dalam berwirausaha dan bekerjasama dengan pihak lain serta mempunyai pengalaman dalam penelitian kefarmasian.
  4. Menjalin kemitraan dengan para stake holder (terutama industri obat dan bahan makanan, rumah sakit dan Pemerintah pusat/Pemda) dalam pengembangan kurikulum dan strategi pembelajaran serta pelaksanaan proses belajar mengajar sehingga dihasilkan sarjana farmasi yang siap kerja dan memiliki daya saing tinggi.
  5. Berkontribusi terhadap pengembangan pengabdian kepada masyarakat di bidang farmasi sesuai dengan kebutuhan pasar yang terus berkembang.

Profesi dan Karir Lulusan  

  1. Menjadi ahli farmasi yang kompeten di bidang farmasi.
  2. Menjadi peneliti di bidang Farmasi: BPPT, LIPI, Batan, Litbangkes dan Lembaga penelitian kesehatan swasta.
  3. Research and Development: di Industri Farmasi, Industri Obat Tradisional, Industri Kosmetik, Industri Makanan dan Minuman.
  4. Quality control : di Industri Farmasi, Industri Obat Tradisional, Industri Kosmetik, Industri Makanan dan Minuman.
  5. Product specialist : Industri Farmasi, Pedagang Besar Farmasi, Industri Obat Tradisional, Industri Kosmetik, Industri Makanan dan Minuman.
  6. Pharmapreneurship.

Kerjasama

  • Fakultas Farmasi Universitas Indonesia
  • LPPOM MUI
  • Pusat Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia

Fasilitas

  • Laboratorium Terpadu
  • Laboratorium Farmasetika dan Tekhnologi Farmasi
  • Laboratorium Biomedik
  • Laboratorium Bioteknologi

Kurikulum

Download KLIK DISINI

Dosen Pengajar

  1. Dr. Aprilita Rina Yanti Eff., M.Biomed., Apt.
  2. Sri Teguh Rahayu, M.Farm., Apt.
  3. Dra. Ratih Dyah Pertiwi, M.Farm., Apt
  4. Eddy Purwoto B., M.Farm
  5. Irvani Rakhmawati, MSi
  6. Tyas Putri Utami, S.Pd., M.Biomed
  7. Nissa Anggastya Fentami, M.Farm., Apt.
  8. Harizal, MSi.

Dosen dari Fakultas Farmasi Universitas Indonesia dengan pendidikan S3

  1. Prof. Dr. Maksum Radji., M.Biomed, Apt.
  2. Prof. Dr. Effionora Anwar, MS., Apt.
  3. Dr. Arry Yanuar, MS., Apt.
  4. Dr. Herman Suryadi., MS., Apt.
  5. Dr. Mahdi Jufri., Apt.
  6. Dr. Silvia Surini., Apt.
  7. Dr. Abdul Mun’im., Apt.
  8. Joshita Jojodisastro, Ph.D., Apt.


SILAHKAN BERTANYA DISINI