S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) – Akreditasi B

Pendidikan Guru Sekolah DasarProgram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) akan mendapatkan dukungan dari sistem, sarana dan prasarana yang telah ada dan dikembangkan di lingkungan civitas akademika UEU yang meliputi pengembangan jiwa kewirausahaan dan trampil memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) melalui pembelajaran hybrid learning. Terdapat bidang-bidang dari fakultas di lingkungan Universitas Esa Unggul yang berpotensi untuk turut berkontribusi pada pengembangan Program Studi PGSD yang memiliki ciri khusus seperti unggul dalam bidang kesehatan, bidang psikologi, dan bidang ilmu komputer dan komunikasi. Hal tersebut merupakan tiga pilar keunggulan Universitas Esa Unggul dalam menyelenggarakan pembelajaran kepada mahasiswa yaitu kewirausahaan, teknologi informasi dan kemampuan berkomunikasi internasional.

Oleh karena itu, mata kuliah yang diberikan pada program studi PGSD, selain mata kuliah yang dikelola oleh universitas yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Agama, Pendidikan Kewarganegaraan dan Pancasila, Matematika, Statistika, Pengantar Aplikasi Komputer, Sosial Budaya, dan Filsafat Ilmu, juga terdapat rumpun mata kuliah yang dikelola lintas fakultas seperti Psikologi Sosial, Psikologi Pendidikan, Aplikasi Komputer Tingkat Lanjut, Komunikasi dan Ilmu Kesehatan, Pengembangan disain pembelajaran berbasis web. Sedangkan mata kuliah lainnya yang dikelola oleh PS PGSD minimal 60% dari total seluruh mata kuliah yang harus ditempuh.

Universitas Esa Unggul telah memiliki pengembangan bentuk pembelajaran berbasis teknologi informasi sejak tahun 2007 dan kemudian didukung dengan perolehan hibah PHK-I tema B sejak 2011 untuk mengembangkan sistem informatika tersebut. Sesuai dengan yang telah diimplementasikan pada 21 program-program studi strata 1 yang sudah menerapkan hybrid learning, pembelajaran berbasis web sehingga pembelajaran selain tatap muka juga diperkaya dengan materi pembelajaran dan komunikasi/konsultasi melalui internet (online). Program Studi PGSD akan mempersiapkan bahan-bahan ajar dalam bentuk hybrid learning. Dengan fasilitas SADA (Sentralisasi Administrasi dan Desentralisasi Akademik) memungkinkan program studi berfokus pada pengembangan dan penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi karena bidang administrasi ditangani oleh tingkat universitas.

Hubungan Prodi PGSD dengan Prodi lain di Universitas Esa Unggul

Subtansi dari berbagai program studi lain yang dapat mendukung program studi baru, seperti dari program studi Psikologi, Ilmu Komputer, Ilmu Kesehatan, Ilmu Komunikasi, dan Desain Produk yang bisa menyumbangkan terapannya dalam mendukung kualitas pembelajaran program studi PGSD yang akan dibuka sebagai keunggulan. Sebagai contoh : terapan dari program studi psikologi adalah teori perkembangan anak, teori belajar dan pembelajaran, psikologi komunikasi, parenting, dll; terapan dari ilmu computer adalah teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan; terapan dari program studi ilmu-ilmu kesehatan adalah menggenalkan dan membiasakan pola hidup sehat sejak dini, ilmu penyakit, gizi , dan anatomi sebagai penguatan subtansi rumpun mata kuliah IPA; terapan ilmu komunikasi adalah penguatan kompetensi berkomunikasi secara empatik dalam bahasa Indonesia dan bahasa inggris sebagai daya saing lulusan; terapan dari program studi desain produk adalah kompetensi merancang dan menyajikan media pembelajaran interaktif; pembentukan karakter untuk menjadi warga negara yang baik dalam pendidikan IPS dan menanamkan nilai-nilai disiplin, ketangguhan, kreativitas dan inovasi dalam pendidikan entrepreneurship. Kajian atas kontribusi terapan dari berbagai disiplin ilmu yang ada di Universitas Esa Unggul didalam struktur pengelolaan PGSD yang akan di rintis akan menghasilkan lulusan-lulusan tenaga pendidik yang memiliki keunggulan dan ciri khas yang berbeda dengan PGSD lainnya.

Profil Lulusan Program Studi PGSD

  1. Lulusan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berkepribadian yang ditunjukkan dengan prilaku guru sekolah dasar yang mengutamakan nilai-nilai disiplin, arif, bijaksana, hidup sehat dan bugar.
  2. Lulusan yang mampu merancang, melaksanakan dan menilai proses pembelajaran di sekolah dasar yang mengacu pada pencapaian tujuan belajar baik aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik.
  3. Lulusan yang menguasai materi pembelajaran, metodologi pembelajaran dan dapat merancang media pembelajaran yang interaktif yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran operasional konkrit di tingkat sekolah dasar.
  4. Lulusan yang menguasai ilmu mendidik sehingga dapat menerapkan didaktik-metodik dalam menumbuhkembangkan peserta didik di tingkat sekolah dasar.
  5. Lulusan yang mampu mengembangkan bidang keilmuannya melalui penelitian tindakan kelas berbasis pendidikan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan IPTEK, berwawasan global, kreatif, dan inovatif.
  6. Lulusan yang mampu berkomunikasi empatik dan berjiwa kewirausahaan serta memenuhi kebutuhan masyarakat di tingkat sekolah dasar.

Profil lulusan di atas mengacu pada Standar Kompetensi Guru Kelas (SKGK) SD/MI yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Profesi dan Karir Lulusan

Berprofesi sebagai guru sekolah dasar yang mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran di sekolah dasar yang mengaktifkan siswa dengan kegiatan yang bermakna untuk mencapai tujuan pembelajaran di SD yang meliputi penguasaan lima mata pelajaran pokok (Bahasa Indonesia, Matematika, Pendidikan Kewarganegaraan, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Ilmu Pengetahuan Alam serta mampu mengembangkan mata pelajaran pendukung lainnya.

Visi, Misi dan Tujuan

Misi Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PS PGSD) bermisi: menyelenggarakan pendidikan guru sekolah dasar yang bermutu, inovatif, dan relevan dalam suasana akademik yang kondusif untuk membangun insan yang berjiwa kepemimpinan dan kewirausahaan yang berkarakter dan berdaya saing tinggi serta mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan ke-SD-an.

Tujuan Program Studi Pendidikan Guru SD

Program Studi Pendidikan Guru SD bertujuan:

  1. Menyiapkan pendidikan bagi calon guru sekolah dasar yang memenuhi standar kompetensi guru kelas SD yang meliputi kompetensi-kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian dan sosial
  2. Menghasilkan lulusan yang dapat mengembangkan dan menerapkan IPTEKS pada pendidikan sekolah dasar yang mandiri dan kreatif untuk terwujudnya masyarakat madani Indonesia
  3. Berkontribusi terhadap pengembangan penelitian dibidang ke-SD-an
  4. Berkontribusi terhadap pengembangan pengabdian kepada masyarakat di bidang ke-SD-an

Proses Pembelajaran:

    1. Masa Orientasi Mahasiswa baru diawali dengan pembekalan softskill (training: ESQ, leadership, entrepreneur, communication, dan self confidence)
    2. Progam Bahasa Inggris secara komperehensif (TOEFL & TOEIC)
    3. Kemajuan belajar mahasiswa dievaluasi berdasarkan sistem evaluasi kemajuan belajar yang meliputi ujian tengah semester, ujian akhir, kuis, dan penyelesaian tugas rumah dan praktikum
    4. Pembelajaran berbasis Hybrid Learning (intranet dan internet sebagai alat komunikasi antar dosen dan mahasiswa dalam aplikasi materi ajar, pemberian tugas, dan referensi
    5. Praktikum di Laboratorium dengan fasilitas terbaik
    6. Bimbingan Akademik
    7. Mengadakan Kuliah Umum dan Dosen Tamu dari pakar dan praktisi profesional
    8. Mengadakan Seminar, Lokakarya, Pelatihan dan Diskusi interaktif
    9. Ekstrakulikuler melalui Unit Kegiatan Mahasiswa
    10. Praktek Kerja Lapangan di perusahaan nasional dan multinasional.

Profesi dan Karir Lulusan

Berprofesi sebagai guru sekolah dasar yang mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran di sekolah dasar yang mengaktifkan siswa dengan kegiatan yang bermakna untuk mencapai tujuan pembelajaran di SD yang meliputi penguasaan lima mata pelajaran pokok (Bahasa Indonesia, Matematika, Pendidikan Kewarganegaraan, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Ilmu Pengetahuan Alam serta mampu mengembangkan mata pelajaran pendukung lainnya.

Kurikulum Program Studi PGSD Kualifikasi Hasil pendidikan (Learning Outcomes). Mencakup (a) landasan kepribadian; (b) penguasaan keilmuan dan ketrampilan; (c) kemampuan berkarya; (d) Sikap dan perilaku dalam berkarya; dan (e) pemahaman kaidah berkehidupan bermasyarakat. Setelah mengikuti dan menyelesaikan perkuliahan, diharapkan lulusan Program PGSD UEU dapat :

  1. Mampu menguasai materi pembelajaran dan menguasai metodologi pembelajaran secara cerdas untuk mengembangkan kemampuan peserta didik secara optimal.
  2. Mengembangkan rancangan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan siswa SD yang memanfaatkan pandangan-pandangankonstruktivisme dan humanistic.
  3. Melaksanakan pembelajaran dan menilai proses pembelajaran yang mengacu pada pencapaian tujuan belajar baik aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik
  4. Melakukan perbaikan berkelanjutan melalui refleksi diri
  5. Melakukan penelitian tindakan kelas dan mengembangkan bidang ke –SD-an sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan IPTEKS.
  6. Mampu berkomunikasi empatik dan berjiwa kepemimpinan, tangguh, ulet, kreatif, inovatif dalam kebutuhan masyarakat di bidang pendidikan.

Download
Distribusi Mata Kuliah Program Studi PGSD

Dosen Pengajar

            1. Dr. Ratnawati Susanto, MM, M.Pd
            2. Dr. Rokiah Kusumapradja, SKM, MHA
            3. Dr. Ghazali, M.Pd
            4. Drs. Mulyo Wiharto, MM
            5. Drs. Laris Sagala,MM
            6. Dra. Sulis Mariyanti,Psi,Msi
            7. Harlinda Sofyan, S.Si, M.Pd
            8. Alberth Supriyanto M., S.Si, M.Pd
            9. Abd. Halim, M.Pd
            10. Ainur Rosyid, MA
            11. Khusnul Fathonah, M.Pd
            12. Khaola Adzimah, Msi

Nama Dosen Mitra

          1. Dra. Endang M.Kurnianti,M.Ed (Universitas Negeri Jakarta)
          2. Drs. Supriatna,M.Pd (Universitas Negeri Jakarta)
          3. Dra. Gusti Yarmi,M.Pd (Universitas Negeri Jakarta)
          4. Dra. Tuti Tarwiyah, Msi (Universitas Negeri Jakarta)
          5. Dra. Kartika Mutiasari, M.Pd (Universitas Negeri Jakarta)


SILAHKAN BERTANYA DISINI