Kuliah Kelas Karyawan D3 Rekam Medis Jakarta Barat


D3 Rekam Medik & Informasi Kesehatan – Akreditasi A

Sistem Rekam Medis dan Informasi Kesehatan di institusi pelayanan kesehatan seperti Rumah Sakit, dan Lembaga Pelayanan Kesehatan Masyarakat yang terintegrasi dan akurat merupakan proses aktivitas penting melalui sistem pencatatan, pengolahan dan analisis data medis secara lengkap, akurat, tepat waktu dan terintegrasi dalam pengelolaan data pasien baik yang tertulis maupun terekam tentang identitas, amnesia, penentuan fisik, laboratorium, diagnosa segala pelayanan dan tindakan, medik yang diberikan kepada pasien dan pengobatan baik yang dirawat inap, rawat jalan maupun, gawat darurat. Data rekam medis dan informasi kesehatan sangat penting karena sebagai dasar pemeliharaan kesehatan dan pengobatan pasien, bahan pembuktian dalam perkara hukum, untuk kepentingan penelitian, dasar pembayaran biaya pelayanan kesehatan dan, bahan untuk menyiapkan statistik kesehatan.

Program studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK) Universitas Esa Unggul memiliki komitmen untuk membentuk tenaga-tenaga yang profesional dalam pengumpulan, analisis dan desiminasi informasi kesehatan, yang cakupan penggunanya meliputi administrator, manajer, pemberi pelayanan kesehatan (provider). RMIK Universitas Esa Unggul menghasilkan lulusan yang mampu :

  1. Menghasilkan karya – karya inovatif dalam menunjang kualitas pelayanan informasi kesehatan.
  2. Memahami perkembangan IPTEK di bidang Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
  3. Trampil dalam menggunakan berbagai peralatan terkait manajemen informasi Kesehatan sesuai dengan perkembangan IPTEK
  4. Memiliki jiwa kewirausahaan dan berwawasan global.

Kompetisi Lulusan

Lulusan Program Studi Rekam Medik dan Informasi Kesehatan Universitas Esa Unggul dibekali dengan pengetahuan tentang prinsip-prinsip manajemen dan aplikasinya dalam organisasi; kemampuan untuk merencanakan, mengumpulkan, mengolah, mengelola, mengevaluasi, menilai mutu rekam medik dan informasi kesehatan, dan menyajikannya untuk berbagai kebutuhan pemangku kepentingan; kemampuan menelusuri informasi penunjang diagnosis dan menentukan kode penyakit, permasalahan kesehatan serta kode tindakan yang akurat, kemampuan untuk mengelola indeks penyakit, tindakan, kematian dan dokter, guna kepentingan laporan medis dan statistik serta permintaan informasi pasien secara cepat dan terperinci, kemampuan untuk mengkomunikasikan analisis hasil telaah dokumentasi rekam medik dan informasi kesehatan dengan dokter dalam mengkonfirmasi diagnosis dan tindakan

Keunggulan

Program D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Universitas Esa Unggul adalah sebagai pelopor pendirian dan merupakan program studi D3 Rekam Medik dan Informasi Kesehatan yang pertama di Indonesia (sejak 1989); memiliki ijin penyelenggaraan dari Kementrian Pendidikan Nasional dan Pembinaan dari Kementrian Kesehatan; Status Terakreditas (A), baik dari Kementrian Pendidikan Nasional ataupun dari Kementrian Kesehatan.

 

Visi dan Misi Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan

Visi

“Menjadi Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan yang kompeten di bidang Kesehatan berbasis intelektualitas, inovasi dan kewirausahaan yang unggul serta mampu bersaing secara global”.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu dan relevan bidang Ilmu-Ilmu Kesehatan.
  2. Menyelenggarakan program-program penelitian dan pengembangan guna menghasilkan konsep-konsep, teori dan hasil kajian yang secara fungsional dapat mendukung pengembangan kehidupan bermasyarakat.
  3. Melaksanakan dan mengembangkan program-program pengabdian kepada masyarakat melalui inovasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Visi dan Misi Prodi Rekam Medis

Visi

Pada tahun 2019 Mampu Menjadi Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan yang menghasilkan lulusan terbaik bidang Kesehatan di Indonesia yang berbasis intelektual, etis, inovasi dan unggul, berjiwa kewirausahaan serta memilliki daya saing global.

Misi

Misi Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan  di bentuk dan dikembangkan berdasarkan kaidah ilmiah dalam wujud rencana strategis. Misi yang tercantum dalam rencana strategis program studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan  adalah:

  1. Melaksanakan pendidikan rekam medis dan informasi kesehatan (RMIK) berbasis intelektual, etis  dan inovasi serta mengikuti perkembangan IPTEK melalui praktek kerja lapangan, praktek di laboratorium computer dan Rekam Medis
  2. Menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul, dan professional yang siap bersaing dalam dunia global
  3. Menyelenggarakan kegiatan penelitian di bidang rekam medis dan informasi kesehatan dengan melibatkan dosen,  mahasiswa  yang dapat mendorong kreativitas dan kemandirian mahasiswa serta meningkatkan jiwa kewirausahaan melalui penggunaan teknologi informasi terbaru dengan menyesuaikan kualitas penelitian berdasarkan standar nasional dan internasional
  4. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat di bidang rekam medis dan informasi kesehatan (RMIK)  melalui kerjasama dengan institusi pelayanan kesehatan yang  berkaitan dengan inovasi, kemandirian, dan kewirausahaan berdasarkan hasil pendidikan, pelatihan dan penelitian.
  5. Melakukan jaringan kerjasama dengan masyarakat pengguna, instansi pelayanan kesehatan , dan lembaga atau instansi terkait.

Tujuan Pendidikan

Untuk mencapai visi dan misi di atas, Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan  Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas  Esa Unggul menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi dengan tujuan untuk :

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul serta profesional dalam bidang pengelolaan rekam medis dan informasi kesehatan.
  2. Menghasilkan karya-karya inovatif dalam menunjang kualitas pelayanan informasi kesehatan.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing tinggi dan dapat menjadi acuan bagi pendidikan yang sama.
  4. Menghasilkan lulusan yang peka terhadap masalah dan perkembangan IPTEK di bidang Rekam Medis dan Informasi Kesehatan.
  5. Menghasilkan lulusan yang mampu mandiri, menerapkan pengetahuan dan ketrampilan dan siap pakai dalam bidang Rekam Medis dan Informasi Kesehatan.
  6. Menghasilkan penelitian yang memperkaya ilmu pengetahuan dengan karya ilmiah yang inovatif, mandiri, dan kewirausahaan dalam rangka memecahkan masalah di masyarakat dan memberi kontribusi pada pembangunan .
  7. Melakukan pengabdian pada masyarakat dalam bentuk pembinaan, pelatihan, pendampingan, dan pemberdayaan dalam rangka menumbuhkan jiwa kreatif,  mandiri, dan kewirausahaan serta meningkatkan kemampuan dan peran serta masyarakat dalam pembangunan.

Program studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK) Universitas Esa Unggul memiliki komitmen untuk membentuk tenaga-tenaga yang profesional dalam pengumpulan, analisis dan desiminasi informasi kesehatan, yang cakupan penggunanya meliputi administrator, manajer, pemberi pelayanan kesehatan (provider). RMIK Universitas Esa Unggul menghasilkan lulusan yang mampu :

  1. Menghasilkan karya – karya inovatif dalam menunjang kualitas pelayanan informasi kesehatan.
  2. Memahami perkembangan IPTEK di bidang Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
  3. Trampil dalam menggunakan berbagai peralatan terkait manajemen informasi Kesehatan sesuai dengan perkembangan IPTEK
  4. Memiliki jiwa kewirausahaan dan berwawasan global.

Proses Pembelajaran

  1. Masa Orientasi Mahasiswa baru diawali dengan pembekalan softskill (training: ESQ, leadership, entrepreneur, communication, dan self confidence)
  2. Kurikulum 3,5 tahun (7 semester normal, 3 semester pendek)
  3. Progam Bahasa Inggris secara komperehensif (TOEFL & TOEIC)
  4. Kemajuan belajar mahasiswa dievaluasi berdasarkan sistem evaluasi kemajuan belajar yang meliputi ujian tengah semester, ujian akhir, kuis, dan penyelesaian tugas rumah dan praktikum
  5. Pembelajaran berbasis Hybrid Learning (intranet dan internet sebagai alat komunikasi antar dosen dan mahasiswa dalam aplikasi materi ajar, pemberian tugas, dan referensi
  6. Praktikum di Laboratorium dengan fasilitas terbaik
  7. Bimbingan Akademik
  8. Mengadakan Kuliah Umum dan Dosen Tamu dari pakar dan praktisi profesional
  9. Mengadakan Seminar, Lokakarya, Pelatihan dan Diskusi interaktif
  10. Ekstrakulikuler melalui Unit Kegiatan Mahasiswa
  11. Praktek Kerja Lapangan di perusahaan nasional dan multinasional.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*